sejarah laptop berikut jenis-jenisnya

Senin, November 14th 2016. | Artikel

Sejarah Laptop
Laptop mulai menjadi pembicaraan serius dikalangan para produsen dan desain PC pada awal 1070-an, ketika komputer pribadi yang portable diangkat ke permukaan. Sebuah “personel, portable information manipulator” yang dibayangkan oleh Alan Key di Xerox PARC pada tahun 1985, dan dijelaskan pada tahun 1972 dalam makalahnya yaitu “Dynabook”. Proyek IMB SCAMP yaitu Special Computer APL Machine Portable telah didemonstrasikan pada tahun 1973. Prototipe ini didasarkan pada processor PALM (Put All Logic In Microcode). IBM 5100, komputer portable pertama yang tersedia secara komersial, muncul pada bulan September 1975, dan didasarkan pada prototipe SCAMP.

Komputer portable pertama yang memiliki mesin CPU 8 bit ini kemudian diterima secara luas dan jumlahnya semakin meningkat. Osborne 1, yang dirilis pada tahun 1981, menggunakan zilog Z80 dan beratnya 10,7kg itupun belum termasuk baterai. Layar CRT hanya 5 Inch atau 13 cm, dan menggunakan  5,26 inci single density floppy drive.

Pada tahun yang sama komputer laptop berukuran portable pertama, Epson HX 20, diumumkan. Epson memiliki layar LCD, baterai isi ulang, dan sebuah printer kalkulator ukuran 1,6 kg. Laptop pertama yang menggunakan flip form factor muncul pada awal tahun 1980-an.

Magnum Dulmont dirilis di Australia pada tahun 1981 – 1982 tapi dipasarkan secara global sampai pada tahun 1984 – 1985. Beberapa CPU yang digunakan antaranya adalah Inter 1990 i386SL, dirancang untuk menggunakan daya minimum untuk meningkatkan dataya hidup baterai komputer portable, dan didukung oleh manajemen daya dinamis seperti Intel SpeedStep dan AMD PowerNow dalam beberapa desain. Perkembangan teknologi komputer telah banyak membawa perubahan pada komputer portable atau laptop ini. Desain yang semakin ramping, bobot yang semakin ringan dan kemampuan menghemat daya menjadi bagian terpenting dalam perkembangan laptop berikutnya. Laptop yang seperti kita lihat saat ini memiliki desain yang sangt tipis, bobot yang sangat ringan, tampilan layar yang besar serta kemampuan kinerja yang super canggih ditambah  lagi kemampuan harddisk dalam menyimpan data yang lebih banyak. Maka kemudian penggunaan laptop pun menjadi sebuah tren baru ditengah-tengah pengguna komputer desktop.

Sejarah Netbook

Merujuk ke tante wiki Asal mula netbook dapat ditelusuri dari produk jajaran netbook milik Psion – perusahaan pembuat perangkat keras yang berasal dari London yang saat ini sudah tidak lagi dilanjutkan, Proyek satu laptop untuk tiap anak (OLPC), dan Palm Foleo. Ketiganya merupakan perangkat komputer yang berukuran kecil, ringan, dan mampu digunakan untuk mengakses jaringan. Kehadiran netbook mulai dikenal luas pada saat Asus mulai memperkenalkan jajaran produk ASUS Eee PC untuk mengisi kekosongan pasar.

Netbook merupakan salah satu varian dari komputer jinjing yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan komunikasi wireless dan mengakses internet. Dengan rancangan utama untuk digunakan sebagai perangkat dalam merambah website, dan menulis surat elektronik, netbook sangat bergantung pada keberadaan internet untuk akses jarak jauh terhadap aplikasi berbasis web untuk pengguna yang tidak membutuhkan keberadaan komputer dengan spesifikasi tinggi. Netbook biasanya menggunakan Windows XP atau Linux sebagai basis sistem operasi daripada sistem operasi yang memakan sumber daya komputer yang lebih besar seperti Windows Vista. Ukuran perangkat ini berkisar 4,8 inci hingga lebih dari 13 inci, umumnya memiliki berat antara 2 hingga 3 pon (~1 kg) dan biasanya lebih murah daripada laptop biasa yang umumnya berada dalam kisaran harga USS$400, bahkan beberapa di antaranya ditawarkan dengan harga antara US$50 hingga US$100.

 
Berikut adalah jenis-jenis laptop yang mesti diketahui sebelum anda membelinya.

Ultrabook

Jenis laptop yang satu ini adalah jenis laptop yang paling canggih daripada yang lainnya, dan memiliki beban yang ringan dan tipis sehingga mudah untuk dibawa ke mana-mana. Serta dilengkapi dengan baterai yang tahan sampai 4 – 5 jam. Tentunya notebook/laptop ini sangat cocok untuk orang yang suka berpergian dengan notebook/laptopnya.

Kecepatan read/writenya pun bekerja di atas rata-rata dari kecepatan laptop biasa. Dikarenakan menggunakan teknologi SSD (Solid State Drive) yang memungkinkan kecepatan transfer data yang cepat  dan memiliki ketahanan dari guncangan.

Kekurangan dari Ultrabook  ini adalah harganya yang mahal dan kapasitas memori yang tidak banyak, karena penggunaan SSD masih belum bisa menyimpan data yang banyak sekarang ini.

Notbook touchsreen

Notebook/laptop touchscreen ini bisa langsung mengerti perintah anda hanya dengan sentuhan jari di layar. Tidak seperti kebanyakan laptop yang menggunakan touchpad dan mouse dalam menjalankan program.

Jika anda tahu smartphone pasti anda bisa menggunakan notebook touchscreen ini, Tetapi notebook touchscreen masih menyediakan keyboard dan mouse meskipun sudah ada keyboard virtual yang akan muncul ketika kita ingin mengetik dengan cara touchscreen.

Kelebihan laptop ini adalah bisa disentuh dan dioperasikan dengan mudah hanya dengan jari kita. Kebanyakan vendor menyediakan notebook touchscreen dengan Windows 8.1 gratis dengan lisensi asli ketika kita membelinya.

Kekurangan laptop ini adalah touchsreen hanya bisa dijalankan di Windows 8 ke atas dan tidak berguna jika kita menginstall ulang laptop kita ke Windows 7 karena touchsreen sama sekali tidak akan berjalan. Laptop touchscreen juga lebih mahal dibandingkan laptop biasa.

Notbook hybride

Jenis laptop ini hampir sama dengan laptop touchscreen. Namun laptop ini bisa dirubah menjadi tablet yang memungkinkan kita untuk menggunakannya hanya dengan satu tangan saja. Ada laptop hybrid yang menyatu langsung dengan keyboardnya hampir mirip dengan notebook touchscreen tetapi bisa ditekuk 360 derajat sehingga bisa dijadikan tablet.

Namun ada juga notebook hybrid yang bisa langsung dicopot layarnya. Sehingga bisa menjadi tablet yang mudah di bawa ke mana-mana. Keyboard dan touchpad juga masih disediakan.

Kelebihan laptop ini adalah bisa dijadikan tablet dan bisa digunakan hanya dengan satu tangan, dan mudah dioperasikan dengan sentuhan jari. Notebook Hybrid ini hampir mirip dengan tablet kebanyakan.

Kekurangan laptop ini adalah harganya yang relatif mahal biasanya di atas 10 juta, dan sistem operasinya yang hanya bisa berjalan di Windows 8 ke atas. Spesifikasi yang kecil processor hanya memiliki kecepatan sekitar 1.0 GHz.

Notebook High Performance
Laptop yang kategorinya high performance tentunya memiliki spesifikasi yang besar dibanding laptop yang lainnya. Laptop jenis ini biasanya digunakan untuk multitasking, 3D Design, multimedia, video editing, dan bermain game berat.Kelebihan laptop ini adalah dilengkapi hardware dengan spesifikasi yang tinggi, biasanya menggunakan processor i7 Extreme atau i5. Memiliki memori yang besar biasanya 1 TB dan 2 TB. RAMnya pun besar bisa hingga 4 GB – 8 GB. Optical drivenya adalah bluray dan bukan CD-DVD. Kartu VGA yang memiliki spesifikasi tinggi dan bisa menjalankan game berat.Kekurangan laptop ini adalah harganya yang relatif mahal, bahkan bisa sangat mahal. Laptop ini sangat tidak cocok bagi yang anda berkebutuhan sehari-hari hanya untuk mengetik, apalagi bagi orang yang suka berpergian laptop ini memiliki berat yang lebih daripada laptop biasanya.

Notebook Standar Performance
Notebook/laptop berjenis standard performance sangat cocok bagi anda yang berkebutuhan sehari-hari hanya untuk mengetik, browsing, menjalankan musik. Laptop jenis ini tidak bisa menjalankan game berat karena spesifikasinya yang standar.Laptop ini cocok bagi para pelajar yang harus menggunakan software microsoft word ataupun excel karena bisa berjalan dengan baik di laptop berkategori standard performance. Laptop ini bisa menjalankan game-game standar yang tidak memiliki grafis terlalu berat.Untuk anda yang ingin segera membeli laptop saya sarankan untuk memilih jenisnya terlebih dahulu sesuai kebutuhan anda. Jika anda salah pilih akan repot nantinya. Perlu kita ketahui laptop itu tidak sama seperti desktop yang komponennya bisa kita upgrade. Justru laptop komponennya tidak bisa diganti walaupun ada yang masih bisa diganti. Demikian tentang jenis-jenis laptop yang perlu diketahui. Semoga bermanfaat

Komentar

  • Artikel lain sejarah laptop berikut jenis-jenisnya